Penyebab Product Failure

Tidak jarang suatu produk diluncurkan ke pasar tidak menuai kesuksesan atau gagal (product failure). Beberapa hal yang menyebabkan produk tersebut gagal diterima pasar antara lain :

1. Market Research Error;

2. Failure to Solve The Problem;

3. Too Expensive

4. The Wrong Time

5. Not Well communicated

6. Fail to predict the competitor

7. Wrong Positioning

Contoh kasus product failure :

1. Mazda MR. Salah satu varian Mazda untuk kelas menengah. Dia gunakan istilah MR (singkatan dr = Mobil Rakyat), Padahal di Indonesia memiliki kendaraan adalah suatu prestigious. Meskipun murah dan itu yang diharapkan oleh masyarakat seperti di Indonesia namun masyarakat kita tetap tidak mau dicap murahan. Masih mending Timor yang mempositioning sebagai MobNas (Mobil Nasional), buktinya laku di pasar.

2. Tara Nasiku. Contoh failure to solve problem. Tagline dia adalah “nasi goreng cepat saji”, tetapi yang terjadi untuk bikinnya saja repot. Tidak sepraktis yang kita bayangkan. Malah dengar-dengar saja, sekarang produk ini sudah tidak dikeluarkan lagi

3. Mercedes Benz.  Mercedez mencoba mememasuki segmen baru, yaitu segmen kelas menengah. Mereka berharap Mercedes tidak dinikmati kalangan atas saja. Oleh karena itu mereka membuat mobil dengan harga yang terjangkau. Namun yang terjadi apa? Para customer Mercedez yang kaum elit (atas) melakukan demo kepada Mercedez karena mereka tidak mau produk mereka digunakan oleh segmen bawah. Otomatis image mereka pun juga ikut turun. Maklumlah mereka menggunkan Mercy sebagai lambang kemewahan dan kesuksesan. Akhirnya Mercedez pun tidak melanjutkan produksi mobil tersebut.

4. Softex. Pembalut wanita yang gagal masuk ke segmen utama nya anak muda. Dikarenakan anak muda menganggap softex ini pembalut buat nenek-nenek hehe….. Namun saya baca di Majalah bisnis. Perusahaan softex yang hampir bangkrut kemudian berinovasi membuat produk baru yaitu SoftLove. Fungsi nya sih sama saja, namun dipackage dengan bungkus yg lebih anak muda. Terus terang saya bukan konsumen produk ini jadinya kurang tau perbedaaanya apa. Salah satu keberhasilan Softex adalah dikarenakan kesuksesan re-marketing mereka. Bahkan mereka membuat film action semacam Charlie Angle versi indonesia. Tujuannya adalah character building. Softex ingin membangun karakter wanita dinamis dan bisa bergerak sesuka hati…

5. Majalah Playboy, hmm saya anggap ini gagal. Karena memasuki pasar Indonesia yang mayoritas culture nya tidak bisa menerima. Meskipun akhirnya bisa hidup bebas di Bali

Sebenarnya masih banyak contoh product failure yang terjadi disekitar kita. Maka pentingnya suatu analisa pasar secara tepat sebelum mengeluarkan produk baru ke pasar. 

Ditulis oleh,
Yuda Wicaksana Putra

2 responses to “Penyebab Product Failure

  1. softex bikin heboh lagi..hari ini di jakarta theatre bikin press conference..softex V Class sponsorin filmya rudy sujarwo: In the Name of Love..film kolosal 3 jam dengan nama nama ngetop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s