Kecil pun bisa mengalahkan yang Besar

Saya ingin menceritakan tentang kesuksesan WalMart perusahaan retail yang sukses menguasai pasar. Di Jogja ini sih gak akan kita temukan. WalMart yang awalnya sebagai perusahaan retail kecil mungkin setara dengan minimarket kalau disini seperti indomaret tapi mampu menguasai pasar dan tidak kalah dengan perusahaan retail raksasa (carefour dan semacamnya).

 Yang menarik adalah bagaimana koq bisa ? Strateginya bagaimana? Tenyata WalMart ini sangat cerdas. Dia menggunakan “Strategi Pre Emptive Strike” yaitu Siapa yang Cepat masuk maka Dia yang Menang. WalMart masuk ke desa-desa dan mendirikan minimarket yang pertama. Dia yakin di daerah kurang menarik bagi pemain besar. Nah dengan menjadi pemain pertama dan tunggal maka dia akhirnya menjadi market leader di sana. Karena sudah adanya pemain yang mapan, maka para kompetitor pun akhirnya enggan untuk masuk dan bersaing. Sekarang ini WalMart telah tumbuh dimana-mana.

Itu dia sekilas Strategi yang digunakan oleh WalMart. Kecil bisa saja menang, tinggal bagaimana kita mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan. Sebagai contoh adalah kekuatan “Bola Salju”. Awalnya adalah kecil, namun setelah menggelinding maka akan semakin membesar dan besar dan punya kekuatan menghancurkan. Itu lah pentingnya sebuah Strategi.

Ditulis oleh,

Yuda Wicaksana Putra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s